- Get link
- Other Apps
1. Pengertian Pelayanan
Secara etimologis, Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan
pelayanan ialah usaha melayani kebutuhan orang lain. Pelayanan pada dasarnya
adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani,
yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Sejalan dengan hal
tersebut, Normann (1991:14) menyatakan karakteristik pelayanan sebagai berikut:
a. Pelayanan
bersifat tidak dapat diraba, pelayanan sangat berlawanan sifatnya dengan barang
jadi.
b. Pelayanan
pada kenyataannya terdiri dari tindakan nyata dan merupakan pengaruh yang
bersifat tindakan sosial.
c. Kegiatan
produksi dan konsumsi dalam pelayanan tidak dapat dipisahkan secara nyata, karena
pada umumnya terjadi dalam waktu dan tempat bersamaan.
Pengertian lebih luas disampaikan Daviddow dan Uttal yang
dikutip oleh Sutopo dan Suryanto, 2003:9 bahwa pelayanan merupakan usaha apa
saja yang mempertinggi kepuasan pelanggan.
2. Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan prima (excellent service/customer care)
berarti pelayanan yang maksimal, atau pelayanan yang terbaik,dan merupakan faktor
kunci dalam keberhasilan perusahaan. Dalam hal ini pelayanan prima harus
dilakukan secara kontinu dalam keadaan apapun. Sebab perusahaan saat ini pada
hakekatnya adalah menyediakan jasa yang harus tumbuh dan berkembang agar tetap
bisa bertahan melayani masyarakat Indonesia sesuai dengan tujuan jangka pendek
dan jangka panjang perusahaan. Sebagai bahan perbandingan, berikut
ini dijelaskan beberapa pengertian/definisi mengenai pelayanan prima yang
sering kali di ungkapkan oleh pelaku bisnis :
a. Layanan
prima adalah membuat pelanggan merasa penting.
b. Layanan
prima adalah melayani pelanggan dengan ramah, tepat dan cepat.
c. Layanan
prima adalah pelayanan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan.
d. Layanan
prima adalah menempatkan pelanggan sebagai mitra.
e. Layanan
prima adalah pelayanan optimal yang menghasilkan kepuasan pelanggan.
f. Layanan
prima adalah kepedulian kepada pelanggan untuk memberikan rasa puas.
g. Layanan
prima adalah upaya layanan terpadu untuk kepuasan pelanggan.
Berdasarkan penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan
dari definisi pelayanan prima (service excellence) adalah sebuah kepedulian
oleh perusahaan terhadap para pelanggan dengan berusaha memberikan pelayanan sebaik
mungkin dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan,berdasarkan standard dan
prosedur pelayanan untuk mewujudkan kepercayaan pelanggan agar mereka selalu
puas, sehingga mewujudkan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi.
Berikut ayat yang menerangkan mengenai pelayan
prima, isi dari Surat An-Nisa' Ayat 86 yang Artinya: “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka
balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah
penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan
segala sesuatu”.
Dari ayat diatas dapat disimpulkan jika saat
perusahaan telah mendapatkan penghormatan dari nasabah dan mendapatkan
penilaian positif oleh nasabah, seharusnya bank memberikan pelayanan yang baik
pula kepada nasabah. Dengan memberikan service yang memuaskan kepada nasabah,
memberikan senyum, melayani dengan setulus hati, ramah, dan baik. Karena
nasabah yang merasa puas dengan pelayanan yang diberikan maka rasa hormat
kepada perusahaanpun akan bertamah bahkan bisa membuat nasabah menjadi percaya
dan loyal.
Pelayanan prima sendiri di bagi menjadi dua, yaitu
pelayanan bagi pelanggan internal dan pelayanan bagi pelanggan eksternal. Pelayanan
bagi pelanggan internal yaitu, Orang-orang yang terlibat dalam proses produksi
barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Mereka semua harus mampu
mengembangkan budaya pelayanan prima dilingkungan internal. Mereka harus saling
memberikan fasilitas, baik kepada semua karyawan, bawahan maupun atasan, dengan
tujuan untuk mendukung kelancaran proses produksi barang dan atau pembentukan
jasa sehingga dapat menunjan kelangsungan perusahaan dalam rangka mewujudkan
pelayanan prima bagi pelanggan eksternal.
Pelayanan bagi pelanggan eksternal, Kebutuhan dan
keinginan pelanggan merupakan potensi pasar yang dapat dijadikan peluang besar
bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan melalui penjualan barang atau jasa
yang kita sediakan. Jadi, sebaiknya tempatkanlah diri kita sebagai penyedia
layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan karena para pelanggan itu merupakan
tumpuan harapan, yaitu sebagai pihak yang mampu merealisasikan kebutuhan dan
keinginannya menjadi pembelian yang nyata kepada perusahaan kita. Diharapkan
ada peningkatan loyalitas pelanggan eksternal kepada perusahaan.
Menurut Freddy Rangkuti konsep pelayanan prima adalah A6,yang meliputi :
a. Ability
(kemampuan)
Pengetahuan dan keterampilan
tertentu yang mutlak diperuntukan untuk menunjang program layanan prima
b. Attitude
(sikap)
Perilaku atau perangai yang harus
di tonjolkan ketika menghadapi pelanggan. Sikap mencerminkan perilaku atau
gerak-gerik yang terlihat dari diri seseorang ketika dia menghadapi situasi
tertentu atau ketika berhadapan dengan orang lain
c. Appearance
(penampilan)
Penampilan seseorang, baik yang
bersifat fisik saja maupun fisik dan nonfisik yang mampu merefleksikan diri dan
kredibilitas orang tertentu kepada pihak lain.
d. Attention
(perhatian)
Kepedulian penuh terhadap
pelanggan, baik yang berkaitan dengan perhatian atau kebutuhan dan keinginan
pelanggan maupun pemahaman atas saran atau kritiknya.
e. Action
(tindakan)
Kegiatan nyata yang harus dilakukan
dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Apabila dikaitkan denan pelaksanaan
pelayanan, yaitu upaya atau perbuatan nyata yang ditunjukan
untuk memberikan
pelayanan yang wajar atau pelayanan
yang baik.
f. Accountability
(tanggung jawab)
Suatu sikap keberpihakan kepada
pelanggan sebagai wujud kepedulian untuk menghindarkan atau meminimalkan
kerugian atau ketidakpuasan pelanggan.
4. Manfaat Pelayanan Prima
Ada beberapa alasan mengapa pelayanan
prima penting bagi suatu perusahaan (Rahmayanty, 2013; 3-7) yaitu :
a. Pelayanan
prima memiliki makna ekonomi
Pelanggan adalah kunci meraih keuntungan.
Tujuan tersebut berupa memaksimalisasi laba dengan mempertahankan kelangsungan
hidup perusahaan perusahaan, meraih pasar yang besar, menciptakan kepemimpinan
pasar dalam hal kualitas, mengatasi persaingan, melaksanakan tanggung jawab
sosial, dan sebagainya. Bila membina hubungan dan mempertahankan pelanggan yang
sudah lama dengan memberikan pelayanan yang sangat baik dan konsisten, bila
mereka puas ada kemungkinan menunjukkan loyalitasnya dengan memberikan
informasi kepada orang lain dan tingkat kepercayaan melalui testimony (ucapan
seseorang) lebih tinggi dan efektif selain biaya yang dikeluarkan lebih rendah.
b. Pelayanan
adalah tempat berkumpulnya uang dan pekerjaan
Perusahaan bergantung pada pelanggan
dan untuk pelangganlah mereka bekerja, karena pelanggan sumber uang dan
pekerjaan. Memusatkan perhatian pada kebutuhan pelanggan, dengan memadukan semua
kegiatan yang akan mempengaruhi pelanggan dan menghasilkan laba melalui
kegiatan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
c. Persaingan
yang semakin maju
Terus membesarnya kegiatan bisnis,
semakin kompetisi serta rendahnya atau turunnya pangsa pasar dikarenakan semakin
banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
pelanggan. Kunci utama untuk memenangkan persaingan adalah memberikan nilai dan
kepuasan kepada pelanggan melalui penyampaian produk dan jasa berkualitas
dengan harga bersaing.
d. Pemahaman
yang semakin baik terhadap pelanggan
Perhatian terhadap kepentingan
pelanggan dengan cara melihat kebutuhan serta kepuasan atas pelayanan menjadi
faktor kunci untuk keberhasilan usaha di tengah iklim persaingan yang semakin
ketat. Memahami sudut pandang pelanggan menyadari kepuasan pelanggan tak
sekedar membeli produk, melainkan juga memenuhi berbagai unsur emosi dan
afeksi, seperti gaya hidup, jati diri, petualanagn, cinta dan persahabatan,
kedamaian serta kepercayaan.
Kemudian dalam Majid (2011; 61)
menjelaskan lebih spesifik betapa pentingnya service excellence kepada pelanggan karena beberapa alasan,
yaitu:
a. Pelanggan
menilai efisiensi perusahaan melalui karyawan yang ditemui
b. Kesan
pertama (positive first impression) sangat penting. Sungguh sulit mengatasi
kesan pertama yang negatif
c. Perusahaan
memiliki harapan dan standar yang tinggi dari para pekerja
d. Pelanggan
percaya kepada perusahaan dan akan terus senang dilayani jika ia diperlakukan
dengan baik. Salah satu bentuk promosi yang paling efektif dari periklanan
adalah “Word of Mounth” (promosi dari mulut ke mulut). Jika pelanggan senang,
dia akan memberitahukan kepada orang lain.
e. Kita
merasa senang dan bangga akan diri kita sendiri jika memberikan pelayanan yang
terbaik bagi pelanggan
f. Pelanggan
mempercayakan kita sebagai sumber informasi dan bantuan utama
2.3
Tujuan Pelayanan Prima
Terdapat
beberapa tujuan pelayanan prima yaitu (Rahmayanty, 2013;12-13)
a. Memberikan
rasa puas dan kepercayaan pada konsumennya.
Kualitas memberikan dorongan kepada
pelanggan untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan.
b. Kemudian
adanya pelayanan prima tetap menjaga dan merawat pelanggan merasa diperhatikan
dan dipentingkan segala kebutuhannya atau keinginannya.
c. Serta
upaya mempertahankan pelanggan agar tetap loyal untuk menggunakan produk barang
atau jasa yang ditawarkan tersebut.
d. Untuk
memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
3.1
Simpulan
Pelayanan prima
(service excellence) adalah sebuah kepedulian oleh perusahaan terhadap para
pelanggan dengan berusaha memberikan pelayanan sebaik mungkin dalam memenuhi harapan
dan kebutuhan pelanggan,berdasarkan standard dan prosedur pelayanan untuk
mewujudkan kepercayaan pelanggan agar mereka selalu puas, sehingga mewujudkan
pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi.
Manfaat dari
adanya layanan prima adalah Pelanggan menilai efisiensi perusahaan melalui
karyawan yang ditemui, Kesan pertama (positive first
impression) sangat penting. Sungguh sulit mengatasi kesan pertama yang negative,
Perusahaan memiliki harapan dan standar yang tinggi dari para pekerja, Pelanggan
percaya kepada perusahaan dan akan terus senang dilayani jika ia diperlakukan
dengan baik, Kita merasa senang dan bangga akan diri kita sendiri jika
memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, Pelanggan mempercayakan kita
sebagai sumber informasi dan bantuan utama.
Tujuan dari
adanya layanan prima adalah Memberikan rasa puas dan kepercayaan pada
konsumennya, Kemudian adanya pelayanan prima tetap menjaga dan merawat
pelanggan merasa diperhatikan dan dipentingkan segala kebutuhannya atau
keinginannya, upaya mempertahankan pelanggan agar tetap loyal untuk menggunakan
produk barang atau jasa yang ditawarkan tersebut dan untuk memberikan pelayanan
yang bermutu tinggi kepada pelanggan.
3
DAFTAR PUSTAKA
Al-Quran dan
terjemahannya
Belajar
Perbankan.(2017,5 Juli).Pelayanan Prima.Diperoleh
5 Maret 2018, dari Bankingcentre.blogspot.co.id
Repository IAIN Purwokerto.(2017,13
Juni).Strategi Pelayanan Prima.Diperoleh
4 Maret 2018,dari repository.iainpurwokerto.ac.id
D Mayasari.(2015).BAB II TINJAUAN PUSTAKA.Diperoleh 5
Maret 2018,dari etheses.uin-malang.ac.id
- Get link
- Other Apps
Comments
Post a Comment